Tuesday, June 23, 2015

HANKYU KYOU TRAIN

Selamat malam.

Kali ini saya ingin menceritakan tentang sebuah perusahaan kereta api swasta bernama HANKYU RAILWAY (阪急電鉄株式会社 Hankyū Dentetsu Kabushiki Kaisha). Hankyu Railway merupakan perusahaan kereta api swasta yang menghubungkan jalur Osaka-Kobe, Osaka-Takarazuka dan Osaka-Kyoto serta beberapa cabang di dalam jalur tersebut. Hankyu Railway di Osaka berpusat di stasiun Umeda. Umeda sendiri merupakan pusat kota Osaka. Tiap pagi dan sore hari stasiun Umeda menjadi stasiun yang tersibuk. Karena tidak hanya ada Hankyu Railway, namun juga ada perusahaan kereta lain seperti Japan Railway, Hanshin, Kereta Bawah Tanah (Midosuji Line, Yotsubashi Line, Tanimachi Line).

Saya sendiri selama di Jepang (lebih tepatnya setelah pindah ke Toyonaka) hampir setiap hari ketika kerja menggunakan Hankyu (Takarazuka Line). Nah kali ini saya ingin bercerita minggu lalu saya pergi ke Kyoto. Untuk Hankyu Railway stasiun pemberhentian Kyotonya bernama Stasiun Kawaramachi. Kelebihan dari Stasiun Kawaramachi ini adalah posisinya langsung di pusat perbelanjaan kota Kyoto yang bernama Teramachi. Harga tiket dari Toyonaka ke Kawaramachi 470 yen. Dengan lama perjalanan hampir satu jam karena harus berpindah kereta di stasiun Juuso.

Sesampai di Kyoto saya berjalan-jalan. Makan, ngeliat-liat hiruk pikuk Area Teramachi.

Sorenya saya pulang, sekitar jam 16.00. Nah disinilah saya menemukan sesuatu yang selama ini saya cari. Secara tidak sengaja saya menemukan Kereta Hankyu kelas Limited Express. Namun bukan yang biasa saya naiki. 快速特急 kaisoku tokkyū Nama kelasnya. Limited Express sendiri merupakan kasta kelas tertinggi dari jalur Osaka-Kyoto ini. Limited Express yang saya naiki ini bernama Kyou Train. Kyou Train berbeda dengan Limited Express biasa, memang warnanya sama
yaitu merah tua, namun Kyou  Train di bodynya terdapat gambar kipas dan beberapa tulisan kanji.

Bagaimana dengan Exteriornya?
UNIK!
1 rangkean terdapat 6 kereta. Di rangkean paling depan dan belakang dalamnya sama layaknya Limited Express biasa. Yaitu kursi kain mayan empuk, berwarna hijau. Namun ketika masuk kereta 2 dan 5 disini kita menemukan suasa AKI (musim gugur) karena kursinya bukan hijau tetapi oranye dengan motif mirip daun maple. Lalu maju kedepan melihat kereta 3 dan 4, wow! ini mengingatkan aku sama kereta ekonomi beberapa waktu silam. Kereta kursi kayu dengan senderan tegak. Tetapi dibuat antik, mirip kayak kereta wisata. Formasinya 1-2 dengan kursi berhadapan.

Pemberhentian kereta ini berbeda dari kereta Limited Express biasa. Jika biasanya berhenti di Ibaraki dan Takatsuki. Namun untuk Kaisoku Tokkyu berjalan langsung hingga Awaji.  Saya menaiki kereta ini, hingga stasiun Juuso. Lalu berpindah kereta ke Toyonaka.